Tuesday, December 5, 2023

Yamaha Optimis Miliki Motor Yang Kompetitif Bagi Kedua Pembalapnya

 



Hasil yang dituai oleh Yamaha di musim 2023 merupakan hasil yang sangat memperhatinkan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dengan menurunkan 2 pembalap andalannya, yakni Fabio Quartararo dan juga Franco Morbidelli, Yamaha belum mempersembahkan kemenangan.

Bahkan kedua pembalapnya sering mempersoalkan motornya yang kalah bersaing dengan kompetitornya.

Namun Yamaha kini bertekad akan melakukan perubahan guna meningkatkan performa motor Yamaha YZR-M1 agar lebih kompetitif.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Lin Jarvis, selaku Direktur Tim Yamaha terkait pengembangan mesin.

"Kerugian terbesar kami adalah kami belum mengembangkan mesin kami dalam beberapa tahun terakhir. Di Ducati, mereka sangat agresif dalam mengembangkan mesin sedangkan kami dari tim orang Jepang," ucap Jarvis.

"Artinya, kami bergerak maju dengan langkah-langkah kecil. Mungkin ini juga sama dengan Honda."

"Kami bekerja secara konsevrvatif, dan saat ini hal tersebut tidak lagi cukup. Memiliki lebih banyak pembalap di motor Anda akan membawa keuntungan dalam balapan, tapi belum tentu di pengembangan."

"Namun dengan informasi dan data dari delapan pembalap, Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan pengaturan yang lebih baik dengan sangat cepat."

"Dengan sekarang ada 8 Ducati cepat di lintasan, agak sulit meraih hasil bagus," sambungnya.

Lin Jarvis pun optimis pengembangan mesin akan mampu memberikan daya saing yang lebih.

"Kami akan memilikinya lagi," ujar Jarvis.

"Ketika Anda telah mencapai titik terendah, hanya ada satu pilihan: melihat ke depan lagi dan mengubah keadaan."

"Saat ini kami sedang mengerjakannya di balik layat, banyak uang yang diinvestasikan jika dibutuhkan dan kami mengubah cara bekerja kami."

"Ini berarti kami akan bekerja lebih banyak dengan para ahli dari Eropa. Dan saya yakin mesin yang jauh lebih baik akan siap di awal musim mendatang."

"Saya belum bisa mengatakan apakah itu cukup baik, karena persaingannya berada di level sangat tinggi. Seperti terlihat di Valencia, ada 16 pembalap yang selisihnya cuma sekitar 0,8 detik semua, jadi MotoGP sekarang memang sangat kompetitif. Tapi, kami telah membuat kemajuan," tutup Jarvis.

0 comments:

Post a Comment