Sunday, September 17, 2023

Fabio Quartararo Mulai Merasakan Pentingnya Tim Satelit

 


Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo nampaknya sekarang mulai merasakan dampak tidak adanya tim satelit.

Sebelumnya Yamaha pernah mempunyai tim satelit, yakni RNF namun pada akhirnya berlabuh bersama Aprilia. Menjalani musim 2023 tanpa tim satelit Fabio Quartararo semakin kesulitan bersaing dengan para rival.

Pengembangan motor yang didukung adanya tim satelit sangat dirasakan oleh Fabio Quartararo, mengingat para pesaing sudah mengalami perkembangan yang pesat.

 “Pada akhirnya, realistis saja, tahun terakhir yang menurut saya (tim pabrikan Yamaha) dilayani oleh tim satelit adalah pada tahun 2020, ketika Franky (Franco Morbidelli) dan saya berada di tim. Dan itu sama sekali tidak bekerja pada tahun 2021 dan 2022, saat saya sudah di tim pabrikan,” ucap Quartararo.

 “Saya tahu saya tidak melihat data apa pun dari peralatan tim satelit. Namun saat saya berada di satelit, mereka sering melihat data Maverick (Vinales) dan (Valentino) Rossi, bahkan data Franco. Saya punya tiga sepeda motor dan Anda melihat sedikit bantuan, tapi dua tahun terakhir Anda tidak melihat apa pun dan tahun ini Anda juga tidak melihat banyak,” sambungnya.

Setelah menjalani musim tanpa adanya tim satelit, Fabio Quartararo mengungkapkan betapa pentingnya kehadiran tim satelit guna mendorong nelaju dengan cepat seperti yang dialaminya ketika membela tim Petronas Yamaha.

 “Kami kekurangan pembalap tim satelit dengan dua pembalap yang sangat lapar untuk melaju secepat mungkin dan mendapatkan tempat sendiri di tim pabrikan Yamaha. Seperti halnya saya lapar ketika berada di Petronas untuk naik ke tim pabrikan, itu adalah tujuan nomor satu,”

Fabio Quartararo pun mencoba mengingat apa yang terjadi di tim satelit Yamaha sebelumnya.

 “Saya pikir ketika seseorang seperti 'Dovi' atau Valentino yang telah memenangkan tujuh kejuaraan dunia di MotoGP, karirnya tidak lagi haus seperti 10 tahun lalu. Saya pikir ini normal, tetapi memiliki tim satelit dengan dua pemain muda, mereka lapar untuk menggantikan saya. Ini memberi Anda keinginan untuk melaju lebih cepat dan promosi ke tim pabrikan,” pungkasnya.

 

0 comments:

Post a Comment